Sabtu, 04 Juni 2011

Makam Nabi Muhammad di Masjid Nabawi Madinah

Makam Nabi Muhammad
Selama sholat lima waktu di Masjid Nabawi, saya usahakan bisa berada di saf depan. Kalau kita berada di saf depan, kita bisa sholat di Raudah, yaitu tempat yang mustajab untuk berdo'a dan juga bisa melihat juga makam Nabi Muhammad.

Makam Rasulullah terletak di sudut Timur Masjid Nabawi yang dahulu dinamakan Maqsurah. Di situ dahulu tinggal Aisyah dan rumah Ali dengan Fatimah. Sejak Rasulullah wafat pada tahun 11 H (632 M) rumah Nabi terbagi dua, yaitu bagian arah kiblat (selatan) untuk makam Nabi dan yang bagian utara untuk tempat tinggal Aisyah.

Sejak tahun 678 H (1279 M) di atasnya dipasang Kubah Hijau (green dome) samapai sekarang. Jadi persis di bawah Green Dome inilah jasad Rasulullah dimakamkan. Kalau Jama'ah melihat Green Dome berarti melihat makam Nabi dan tentu juga makam kedua sahabatnya Abu Bakar (Khalifah I) dan Umar (Khalifah II) yang dimakamkan di bawah kubah itu berdampingan dengan makam Nabi. Maka lokasi di mana dahulu terdapat rumah Nabi kini dijuluki "Makam 3 Manusia Mulia".

Green Dome

Setelah masjid itu diperluas, makam itu dimasukkan ke dalam bangunan masjid. Pada pembangunan ini terdapat empat buah pintu:
- Pintu di sebelah kiblat dinamakan At-taubah
- Pintu di sebelah Timur dinamakan Fatimah
- Pintu di sebelah Utara dinamakan Tahajjud
- Pintu di sebelah Barat ke Raudah sudah di tutup.

Kalau jama'ah sedang berada di Raudah dan menghadap kiblat, berarti di sebelah kiri adalah bangunan persegi empat berwarna hijau tua yang anggun berwibawa dan menebarkan bau wangi-wangian, itulah tempat Makam Nabi Muhammad SAW.

0 komentar:

Posting Komentar